Logo
images

Bambang : Ibu Bupati, Saya Akui Bahwa Minsel Adalah Cerminan Surga

kominfo.minselkab.go.id- Direktur Jenderal Perkebunan Ir. Bambang, MM Kementerian Pertanian RI saat berkunjung di Minahasa Selatan Sabtu (29/4) tepatnya di lokasi perkebunan Kooperasi Agribisnis Minahasa Selatan tepatnya kompleks Perkebunan Kayuwolo Desa Sapa kecamatan Tenga, mengakui kehebatan potensi yang di miliki oleh daerah kabupaten Minahasa Selatan. “Saya sebelum berkunjung ke lokasi ini, saya sudah melakukan road show di areal perkebunan dan pertanian yang ada di Minahasa Selatan terlebih khusus di Desa Popontolen kecamatan Tumpaan, kelurahan Mobongo Kawangkoan Bawah Kecamatan Amurang Barat dan terakhir di Desa Sapa Kecamatan Tenga,” ungkap Bambang saat memberikan sambutan.

Bambang juga terdecak kagum dengan potensi alam yang ada di Minahasa Selatan. “Minsel adalah cerminan surga,” tegasnya yang disambut tepuk-tangan  oleh ratusan petani yang hadir dalam penanaman jagung dibawah pohon-pohon kelapa dan penyerahan paket bantuan benih jagung, bibit cengkih dan kelapa. Pantas saja kalau daerah ini dikenal dengan brending daerah nyiur melambay, ternyata disetiap desa memiliki kebun kelapa,” tukas Bambang. Nah ini terjadi  lanjut Dirjen Perkebunan, karena dukungan para petani  terhadap program pemerintah. Tanpa dukungan dari petani semua tidak ada apa-apa. Sinergitas antara Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah harus terjalin harmonis, seperti halnya komuditas kelapa yang terbangun dengan regenerasi jika diserang hama. Jagung juga bisa tumbuh dibawahnya dengan subur.

Oleh karena itu tambah Dirjen, pemerintah daerah harus mengsertifikasi pohon-pohon kelapa yang sudah tinggi, dengan cara dijaga dan dirawat agar melahirkan benih regenerasi yang bagus untuk kesejahteraan petani dan masyarakat Minahasa Selatan umumnya. Presiden RI Joko Widodo bersama pak Menteri mengarahkan bahwa pembibitan dilakukan oleh petani. Jagung ditanam dengan benih yang terbaik dengan berteknologi tinggi agar hasilnya akan lebih baik dengan penerapan teknologi yang ramah lingkungan. Ingat kelapa nilainya bukan hanya kopra. Tetapi dengan ditanamnya cengkih, jagung maka kekuatan perekonomian petani akan semakin besar. Apalagi kalau ada kerjasama antara petani Desa, Kecamatan hingga Kabupaten, maka ini akan melahirkan paradigma yang baru bahwa petani adalah pengendali pangsa pasar, ujar Bambang didepan Bupati Christiany Eugenia Paruntu,SE dan Wakil Bupati Franky D Wongkar,SH.

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Ketahanan Pangan Kementerian RI selaku Koordinator UPSUS PAJALE Provinsi Sulawesi Utara DR. Ir. Muliady Hendiawan. MM, Direktur Tanaman Semusim dan Rempah-rempah Kementerian Pertanian RI, DR Ir. Agus Wahyudi. MS, Direktur Perlindungan Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Drs. Dudi Gunadi, BSc. MSi, Kepala Sub Direktorat Tanaman Lada, Pala, Cengkih Kementerian Pertanian RI, Ir. Abdul Aziz Basuki. MSc, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulut Ir. Refly Ngantung, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulut Ir Arie Bororing,MSi dan rombongan lainnya, Sekdakab Minahasa Selatan Drs. Danny Rindengan, MSi bersama kepala SKPD dan kelompok tani yang ada di Minsel.(alvi_kominfo)


TAG Nasional

Dipost Oleh Super Administrator

Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Minahasa Selatan

Tinggalkan Komentar